Setiap anak memiliki pribadi yang berbeda, ada yang bersikap yang manis dan menyenangkan ada juga yang bersikap tidak menyenangkan. Sikap yang tidak menyenangkan ini seringkali membuat emosi, stres dan panik bagi orang tua. Tapi sebagai orang tua hal ini jangan membuat kamu menyalahkan anak-anak.

Para ibu, berikut adalah cara untuk membuat anak-anak bersikap manis dan menuruti keinginanmu sebagai orang tua. Hal ini seperti yang dilansir dalam abcnews.com yaitu:

  1. Perhatikan tingkah laku anak-anak, pastikan mereka tahu apakah yang dilakukannya akan membuat kamu merasa bahagia atau justru sebaliknya.
  2. Ketika dia melakukan hal yang baik jangan ragu untuk memberikan penghargaan dan kado untuk mereka. Anak-anak sangat menyukai bingkisan.
  3. Hindari mengucapkan kata jangan saat mereka berbuat hal yang buruk. Ganti dengan kalimat positif yang kamu ingin mereka lakukan untukmu.
  4. Bersikaplah penuh dengan antusiasme tentang sikap baik anak-anak.
  5. Saat kamu menginginkan mereka melakukan satu hal, berikan penjelasan sekali saja jangan berulang kali karena akan membuat mereka merasa bosan dan tidak nyaman.
  6. Abaikan perilaku si kecil yang menyebalkan, dengan kamu tidak tertarik menanggapinya akan membuat ia tahu bahwa kamu tidak tertarik padanya.
  7. Bersikap tenang akan membuat si kecil merasa lebih tenang.

Menghadapi anak kecil memang tidak mudah. Anak kecil lebih mudah meniru perilaku daripada mendengarkan ucapan. Maka lakukan hal positif jika kamu menginginkan hal yang baik juga. Jangan melarang mereka terlalu sering bermain handphone jika kamu sering melakukannya di depan mereka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Rujukan
http://m.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/94816-tips-agar-si-kecil-menuruti-keinginan-orang-tua.html

Artikel Terkait

Cara Menjadi Orang Tua yang Sukses Mendidik Anak 1. Jadilah konsisten 2. Tetapkan batasan 3. Jangan memaksa anak menjadi seperti diri Anda 4. Mendorong perilaku positif pada anak 5. Memberikan sedikit hukuman terhadap kesalahan anak 6. Jangan timbulkan kesenjangan an...
Lima Saran Netty Dongkrak Minat Baca Masyarakat Berdasarkan penilaian Programme for International Assessment of Adult Competencies (PIAAC) yang baru pertama kali diikuti Indonesia tahun 2016 ini, menunjukkan hasil yang memprihatinkan. Dari 34 negara anggota Organizatio...
Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2017 Setelah 24 tahun, peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) akhirnya kembali ke rumahnya, Lampung. Dalam sejarahnya, Hari Keluarga Nasional pertama kali dicetuskan pada tahun 1993 di Provinsi Lampung. Dan, pada tahun...
Aher: Keberhasilan Ini Berkat ASN Jabar Sejak tahun 2008 hingga 2016, Provinsi Jabar sudah mendapatkan lebih dari 220 penghargaan nasional dan internasional. Menurut Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, keberhasilan itu berkat kinerja PNS atau ASN di lingkungan masin...
Jangan Sering-Sering Bermain Sosial Media Jika Tak Ingin Depresi Pernah dilakukan sebuah survei yang melibatkan 1787 orang dewasa muda berusia 19 sampai 32 tahun yang menunjukkan bahwa pengguna aktif sosial media rentan menderita depresi. Para peneliti membandingkan mereka dengan pengguna ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.