Setiap anak memiliki pribadi yang berbeda, ada yang bersikap yang manis dan menyenangkan ada juga yang bersikap tidak menyenangkan. Sikap yang tidak menyenangkan ini seringkali membuat emosi, stres dan panik bagi orang tua. Tapi sebagai orang tua hal ini jangan membuat kamu menyalahkan anak-anak.

Para ibu, berikut adalah cara untuk membuat anak-anak bersikap manis dan menuruti keinginanmu sebagai orang tua. Hal ini seperti yang dilansir dalam abcnews.com yaitu:

  1. Perhatikan tingkah laku anak-anak, pastikan mereka tahu apakah yang dilakukannya akan membuat kamu merasa bahagia atau justru sebaliknya.
  2. Ketika dia melakukan hal yang baik jangan ragu untuk memberikan penghargaan dan kado untuk mereka. Anak-anak sangat menyukai bingkisan.
  3. Hindari mengucapkan kata jangan saat mereka berbuat hal yang buruk. Ganti dengan kalimat positif yang kamu ingin mereka lakukan untukmu.
  4. Bersikaplah penuh dengan antusiasme tentang sikap baik anak-anak.
  5. Saat kamu menginginkan mereka melakukan satu hal, berikan penjelasan sekali saja jangan berulang kali karena akan membuat mereka merasa bosan dan tidak nyaman.
  6. Abaikan perilaku si kecil yang menyebalkan, dengan kamu tidak tertarik menanggapinya akan membuat ia tahu bahwa kamu tidak tertarik padanya.
  7. Bersikap tenang akan membuat si kecil merasa lebih tenang.

Menghadapi anak kecil memang tidak mudah. Anak kecil lebih mudah meniru perilaku daripada mendengarkan ucapan. Maka lakukan hal positif jika kamu menginginkan hal yang baik juga. Jangan melarang mereka terlalu sering bermain handphone jika kamu sering melakukannya di depan mereka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Rujukan
http://m.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/94816-tips-agar-si-kecil-menuruti-keinginan-orang-tua.html

Artikel Terkait

Hak dan Manfaat Bermain bagi Anak-Anak Kita Play keeps us fit physically and mentally. Bermain menjaga kita bugar, baik fisik maupun mental (Stuart Brown, MD, Contemporary American psychiatrist) Play is our brain’s favorite way of learning. Bermain adalah cara pe...
Harmoni Nusantara, Tema Closing Ceremony PON XIX/2016 Jabar Closing Ceremony (Upacara Penutupan) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat akan dihelat pada Kamis malam (29/9/2016) nanti. Wakil Gubernur Jawa Barat selaku Wakil Ketua Umum PB PON XIX/2016 Jabar mengungkapkan bah...
Ramadhan, Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Rohani Bareng Keluarga Bulan Ramadhan merupakan bulan kebersamaan dengan keluarga. Ada banyak momen yang bisa menjadikan anggota keluarga secara komplit bisa berkumpul. Melalui makan bersama saat berbuka dan sahur serta kegiatan lainnya, Bulan Rama...
Anak Suka Mukul, Ini yang Perlu Orang Tua Pahami Orangtua Mengeluh Karena Anaknya Suka Memukul, Ini yang Perlu Orangtua Pahami Tidak sedikit orangtua yang mengeluh karena anaknya suka memukul kalau marah atau keinginannya tidak dituruti. Hal ini memang sebaiknya jangan t...
Bentak Bisa Berdampak Buruk pada Perkembangan Otak Anak Memarahi Anak dengan Cara Membentak Justru Berdampak Buruk pada Perkembangan Otak anak Tak ada orangtua yang sempurna dan setiap orangtua tentu melalui proses belajar dalam membesarkan anak-anaknya. Meski sudah banyak pene...

Leave a Reply

Your email address will not be published.