Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017

Pekan Olah Raga Pemerintah Provinsi (Porpemprov) XV Jawa Barat Tahun 2017 diselenggarakan di stadion atletik dan sepak bola di kawasan sentra pembinaan olahraga terpadu (SPOrT) Jabar Arcamanik, kota Bandung pada Selasa (12/12/17).

Kegiatan tersebut diawali dengan upacara pembukaan dimana Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjadi pembina upacara. 

Menurut Ketua Umum Porpemprov XV, Guntoro, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi, pemeliharaan jasmani dan sekaligus pembinaan prestasi para ASN anggora Korpri Jabar di bidang olahraga.

Menurut Guntoro, Porpemprov ke XV Tahun 2017 ini diikuti 3000 Atlet yang kesemuanya adalah aparatur sipil negara Pemprov.Jabar tergabung dalam seluruh OPD dan 3 asisten di lingkungan Setda Jabar. Mereka akan mengikuti cabang-cabang olah raga, seperti : volley Ball, Bulutangkis, Futsal, Catur, Bilyar, tenis meja dan gerak jalan, serta permainan tradisional, seperti halang.

Akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 12 sampai dengan 14 Desember 2017 dan seluruh pertandingan berlangsung di kawasan pusat SOR Arcamanik Bandung.

Pembukaan Porpemprov XV ini diawali sambutan ketua umum Porpemprov XV Guntoro, sambutan Gubernur Ahmad Heryawan sekaligus membuka resmi dengan ditandai penekanan tombol sirine oleh Gubernur bersama-sama Ketua Umum Porpemprov, Sekda Jabar dan Kepala Dinas Olah Raga Jabar.  

Setelah itu, dilakukan defile seluruh kontingen menuju podium utama, dimana Gubernur dan para pejabat pimpinan OPD hadir menunggu kedatangan kontingen. Upacara pembukaan diakhiri dengan pertunjukkan kemeriahan Porpemprov oleh tim dari Bapenda Jabar.

3.000 ASN Bertanding di Porpemprov XV/2017 Jabar

Pekan Olahraga Pemerintah Provinsi (Porpemprov) XV/2017, diselenggarakan dalam suasana berbeda yakni dengan mengambil tempat di stadion atletik dan sepak bola di kawasan Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu Jabar Arcamanik, Kota Bandung.

Porpemprov merupakan ajang pertandingan olahraga yang diikuti seluruh pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tahun ini, Porpemprov diikuti 3.000 ASN dari seluruh OPD, dan Asisten Daerah Setda lingkup Pemprov Jabar.

Para ASN pun akan bertanding pada sejumlah cabang olahraga, seperti bola  voli, bulutangkis, futsal, catur, biliar, tenis meja, gerak jalan, serta beberapa permainan tradisional seperti tarumpah panjang dan galah. Kegiatan ini berlangsung pada 12-14 Desember 2017.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, dengan suasana baru di lingkungan Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu Jabar Arcamanik, Kota Bandung, diharap Porpemprov XV/2017 akan terselenggara dengan penuh semangat dan gairah yang lebih tinggi.

"Sehingga tujuan Porpemprov sebagai ajang silaturahmi, pemeliharaan jasmani rohani, dan sekaligus pembinaan prestasi para ASN anggota Korpri Jabar di bidang olahraga dapat tercapai dengan lebih optimal," kata Aher saat membuka secara resmi kegiatan Porpemprov XV/2017, Selasa 12 Desember 2017.

Aher menuturkan, Jawa Barat merupakan salah satu dari sedikit provinsi yang telah mampu secara rutin menyelenggarakan Pekan Olahraga bagi para pegawainya baik di tingkat pemerintah provinsi lewat Porpemprov maupun di tingkat daerah provinsi melalui penyelenggaraan Porpemda.

"Karenanya tidak mengherankan jika dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri dua kali berturut-turur pada tahun 2015 di Manado dan tahun 2017 di Yogjakarta, para ASN Jawa Barat berhasil meraih gelar juara umum," ujarnya.

Bahkan kata Aher, pada penyelenggaraan Asean Civil Service Games (ACSG) yang merupakan penyelenggaraan pekan olahraga para pegawai pemerintah di negara-negara ASEAN yang untuk pertama kalinya diselenggarakan tahun 2016 di Malaysia, Kontingen Indonesia yang diwakili para ASN anggota Korpri Jabar berhasip menjadi runner-up setelah tuan rumah Malaysia.

Hal itu, kata Aher, merupakan hasil dari proses penyelenggaraan pembinaan olahraga di lingkungan ASN Jabar yang sudah cukup baik dan berkesinambungan.

Dalam terwujudnya budaya olahraga yang kokoh di lingkungan para ASN anggota korpri Jabar, Aher mengajak semua ASN di lingkungan Pemprov Jabar melaksanakan kegiatan olahraga secara rutin di lingkungan instansinya masing-masing.

Pada upacara pembukaan tersebut, Pemprov Jabar juga menyerahkan penghargaan bagi para atlet asal Jabar yang telah berhasil meraih medali pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia.

"Meski secara umum prestasi kontingen Indonesia pada ajang tersebut tidak terlalu menggembirakan, atlet-atlet Jawa Barat ternyata mampu memberikan kontribusi yang terbesar dibanding atlet dari Provinsi lain," ujar Aher.

Baik dari jumlah atlet yang berlaga, maupun jumlah medali yang diperoleh, yang berhasil meraih 19 medali emas, 21 medali perak, dan 9 medali perunggu.

Terlebih lanjut Aher, pada event paragames, kontingen Indonesia berhasil meraih prestasi sebagai juara umum.

"Atlet Paralympic Jawa Barat juga memberikan kontribusi raihan medali terbanyak di ajang olahraga tersebut, yakni mencapai 32 medali emas, 25 mesali perak, dan 16 mesali perunggu," ujar Aher.

Pada rangkaian upacara tersebut, Aher diganjar penghargaan dari NPC Indonesia Provinsi Jawa Barat karena telah sangat peduli dalam membina para atlet paralympic hingga mampu meraih sukses.

Gubernur resmikan SPORT Arcamanik Bandung

Masih pada rangkaian pembukaan Porpemprov XV/2017, Aher meresmikan penggunaan kawasan Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu atau SPORT Arcamanik.

Aher menyebutkan bahwa SPORT Arcamanik Bandung sepenuhnya merupakan milik dan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2012.

Adapun secara bertahap, telah mulai dimanfaatkan untuk penyelenggaraan event-event olahraga seperti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun 2016, Pekan Olahraga Nasional XIX, dan saat ini telah menjadi sentra pembinaan olahraga terpadu khususnya pembinaan bibit-bibit atlet masa depan Jawa Barat.

"Di samping tetap digunakan untuk berbagai kegiatan keolahragaan dan kepemudaan tingkat daerah, nasional, bahkan internasional," ujar Aher.

Dia pun berharap sarana yang diresmikannya dapat representatif untuk pembinaan olahraga para atlet maupun untuk dimanfaatkan masyarakat umum untuk aktivitas olahraga.

Dengan telah terbangunnya dan termanfaatkannya fasilitas pelatihan olahraha tersebut, Aher inginkan budaya dan prestasi olahraha di Jawa Barat dapat terus ditingkatkan, sehingga jargon "Jabar Kahiji" bisa terus menggaung hingga menjadi "Jabar Terus Kahiji".***

44 OPD Ikuti Porpemprov Jabar

GUBERNUR Jawa Barat, Ahmad Heryawan, berharap ASN di lingkungan pemerintah provinsi (pemprov) dapat mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam olahraga, seperti disiplin, sportif (jujur) dan pekerja keras. Hal ini disampaikan saat membuka Pekan Olahraga Pemerintah Provinsi (Porpemprov) Jawa Barat ke-15, di Arcamanik Sport Center, Kota Bandung, Selasa (12/12/2017).

"Pada saat yang sama selain prestasi, kita juga ingin membangun kebiasaan disiplin dari olahraga. Tentu orang olahraga itu disiplin, sportif dan pekerja keras untuk menggapai satu tujuannya," ujarnya.

Menurutnya, dengan usaha yang kuat, ia optimis para ASN di Jawa Barat dapat mencapai raihan terbaik pada Porpemprov. Sehingga kedepannya bisa melengkapi rentetan prestasi yang telah diraih Jawa Barat khususnya dibidang olahraga. 

Dengan mempertandingkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Jawa Barat, tidak menutup kemungkinan prestasi olahraga akan dapat terus lahir dari para ASN Jabar.

"Tentu ini dimaksudkan untuk mencari prestasi olahraga karena sangat mungkin prestasi olahraga lahir dr para ASN-ASN di Jawa Barat ini," pungkasnya. 

Untuk jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Porpemprov ke-15 diketahui terdapat sebanyak 13 cabor dimulai dari, bulu tangkis, tenis meja, futsal, catur, tenis lapang, senam, bola voli, billiard, golf, bola basket, terompah panjang, hadang dan gerak jalan. 

Sedangkan jumlah OPD yang ikut serta pada Porpemprov ke-15 ini terdapat sebanyak 44 OPD.

Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017
Kontingen DP3AKB di Porpemprov Jabar XV Tahun 2017

DP3AKB Meraih Juara Kedua Cabor Senam

DP3AKB pada Porpemprov XV tahun 2017 ini meraih juara kedua. Selamat kepada tim senam DP3AKB. :)

Untuk melihat penampilan mereka, silakan lihat di video berikut ini.

Artikel Terkait

Dr. Ir. Dewi Sartika. M.Si Berharap, Jabar Menjadi Provinsi Ramah Anak Kementerian Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak ingin menciptakan di Tahun 2030 Indonesia sebagai Negara Layak Anak, yang ramah anak-anak, yang aman bagi anak-anak, kemudian tempat yang nyaman untuk ramah anak salah s...
Kegiatan Percepatan Kabupaten Kota Layak Anak se-Provinsi Jawa Barat Menuju Indonesi... Dilaksanakan di Hotel Best Western. Tanggal 26 dan 27 Oktober 2017. Peserta yang diundang yaitu 70 orang tiap kab kota yang hadir Kepala Dinas PP PA dan gugus tugas KLA yaitu dari Bapeda Acara diawali laporan panitia oleh...
Pelatihan Pendampingan Perencanaan Penganggaran yang Responsif Gender Tingkat OPD Ka... Acara pelatihan pendampingan Perencanaan Pengganggaran yang Responsif Gender Tingkat Kab/Kota se-Jawa Barat Angkatan I berlangsung di BKPP Wilayah III Cirebon Jawa Barat. Acara pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 11 dan 1...
Sosialisasi Indikator KLA Kegiatan sosialisasi indikator kabupaten/kota layak anak yg dilaksanakan hari Kamis tanggal 8 Maret 2018 Jam 08.30 sd selesai di Hotel Puri Khatulistiwa, Jl. Raya Bandung Sumedang Km. 20 Jatinangor. Kegiatan ini diawali ol...
Pelatihan Parenting Skill Tingkat Kab/Kota Se Jabar 2017 Kegiatan pelatihan parenting skill bagi PNS dan non PNS di Bandung Jawa Barat. Dilaksanakan hari Kamis tanggal 15 Juni 2017 jam 08.00 sd selesai di Golden Flower Hotel Jl. Asia Afrika No 15 - 17 Bandung Acara dibuka oleh i...

Leave a Reply

Your email address will not be published.