Anak, adalah hal yang kompleks untuk dibicarakan terutama setelah menjadi orang tua. Pastinya Anda akan melakukan segala hal  demi membahagiakan anak-anak dengan segala cara. Faktanya, anak-anak tidak membutuhkan hal-hal besar untuk membuat mereka senang dan bahagia. Berbagai sikap dan pemberian yang Anda rasa kecil dan sepele, ternyata dapat membuat mereka tersenyum senang.

Dilansir dari parents.com, berikut ini 30 cara mudah untuk membuat anak-anak Anda bahagia.

1. Pakailah busana yang menyenangkan, bisa dari warna atau bentuknya. Misalnya, Anda bisa memakai kemeja berwarna pink. Lalu warna hijau untuk hari esoknya. Warna-warna ini akan merespons anak Anda menjadi pribadi yang lebih bahagia.

2. Tempelkan slogan atau yel-yel dalam keluarga kecil Anda di pintu kulkas. Jika Anda merasa tidak memiliki slogan atau yel-yel, maka buatlah sesuatu yang dapat memberi semangat kepada setiap anggota keluarga ketika mereka sedang mengalami hari yang buruk.

3. Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, penting untuk berjalan-jalan dan memiliki waktu berkualitas bersama masing-masing anak. Ajaklah mereka satu persatu, bukan berpergian bersama-sama.

4. Sisipkan catatan kecil berisi pernyataan sayang atau cokelat ke dalam tempat makannya.

5. Bangun lego milik Anda sendiri di samping miliknya.

6. Perbolehkan ia melakukan apa yang biasanya Anda larang, seperti duduk di atas meja.

7. Tunjukkan semangat dan antusias yang sama seperti yang ia lakukan saat bermain bersama di luar rumah.

8. Jika tidak sengaja bertengkar di depan anak Anda, maka pastikan bahwa ia juga melihat Anda berbaikan.

9. Biarkan ketika Anda melihat kamarnya seperti kapal pecah.

10. Lakukan komunikasi rutin dengan nenek dan kakek.

Tips Membahagiakan Anak Anda

11. Jika anak Anda merasa tidak nyaman berada di dalam satu komunitas atau melakukan suatu hal, padahal ia sangat baik mengerjakan bidang tersebut, mengalahlah, dan biarkan ia memilih apa yang disukai.

12. Ikut bermain bersama anak Anda, walaupun ini berarti bahwa pakaian akan kotor karena terkena lumpur.

13. Buatlah sendiri kartu ucapan selamat ulang tahun untuk anak Anda.

14. Peliharalah seekor hewan di dalam rumah yang dapat menemani anak Anda bermain setiap hari.

15. Biarkan anak Anda bermain sepuasnya di bawah hujan, di atas genangan lumpur atau pasir, selama ia senang melakukannya.

16. Tunda berbagai pertanyaan untuk anak Anda, ketika melihatnya pulang sekolah dalam keadaan kesal dan lelah. Anda tetap dapat menanyakan tentang bagaimana harinya berlangsung, saat makan malam.

17. Buatlah jadwal kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama, seperti hari Senin memasak bersama, Selasa bersepeda bersama, Rabu berenang bersama, dan seterusnya.

18. Mintalah anak Anda untuk mengajarkan sesuatu, ketika Anda dapat memahaminya, katakan padanya ia adalah seorang guru yang hebat.

19. Biarkan anak Anda memakai pakaian apapun yang ia inginkan.

20. Biarkan anak mendengar Anda mengatakan banyak hal baik tentang dirinya sendiri.

Hal-Hal Kecil yang Dapat Membahagiakan Anak Anda

21. Terkadang, biarkan ia tidur larut malam bersama Anda untuk menonton film atau sekedar bercerita.

22. Cetak foto-foto masa kecilnya, agar ia memiliki sesuatu untuk dilihat dan dikenang di masa depan.

23. Biarkan anak Anda melampiaskan kekesalan dan kemarahannya, ia perlu melakukan itu.

24. Masakkan sarapan pagi untuknya setiap hari.

25. Adakan pesta dansa untuk anggota keluarga Anda di rumah dan pasang musik yang menyenangkan, di tengah-tengah kesibukan Anda, pasangan, dan anak.

26. Buat kode rahasia, yang hanya bisa dimengerti oleh sesama anggota keluarga saja.

27. Tempelkan papan tulis di dalam kamarnya untuk saling bertukar pesan satu sama lain.

28. Buat permainan di atas kasur dengan anak saat akan pergi tidur.

29. Bagikan tulisan di buku harian, foto-foto, dan surat-surat yang Anda dapatkan saat Anda seusianya sekarang.

30. Ucapkan terima kasih dan sanjung anak Anda ketika ia melakukan sesuatu atas inisiatifnya sendiri, seperti meletakkan handuk di tempatnya.

Sumber: liputan6.com

Artikel Terkait

Menteri Yohana Kutuk Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mendeklarasikan pernyataan sikap penolakan kekerasan, eksploitasi, serta persekusi terhadap perempuan dan anak. Menurutnya, ...
Boyke: Ketimbang Dikebiri, Predator Seks Lebih Baik Ditembak Mati Pemilik Klinik Pasutri Dr Boyke Dian Nugraha REPUBLIKA.CO.ID, Seksolog Dr Boyke Dian Nugraha menilai hukuman kebiri dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2016 tak akan efektif untuk me...
Suara Ibu Penting untuk Perkembangan Otak Bayi Otak seorang anak didesain untuk awas terhadap suara ibunya, sejak mereka masih dalam kandungan. Di sebuah ruangan yang penuh sesak, ibu Anda memanggil nama Anda dan dalam waktu sepersekian milidetik, otak Anda langsung berea...
PUSPA 2017, Bangun Sinergi Masyarakat Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak Foto: Kementerian PPPA PUSPA merupakan wadah berkumpulnya berbagai Lembaga Masyarakat yang mencakup berbagai bidang, yaitu lembaga profesi dan dunia usaha, lembaga media, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, akad...
Jengkel dengan Polah Anak, Jangan Sampai Memukul ya..Ayah Bunda TEMPO.CO, Jakarta - Disengaja atau tidak, masih banyak orang tua menerapkan kekerasan fisik dalam mendisiplinkan anak. Pemukulan, seringan apapun, dikategorikan dalam kekerasan. Menurut data UNICEF pada 2014, 80 persen orang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.