Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat
Dr. Hj. Neni Alyani, SE, M.Pd
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat

Tugas Pokok

Menyelenggarakan kegiatan pelayanan publik dan administrasi aspek kesekretariatan, membantu Kepala Dinas mengkoordinasikan penyusunan dan pengkajian bahan kebijakan teknis, koordinasi, pembinaan, dan pengendalian pelaksanaan urusan pemerintah Daerah Provinsi di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana, menyelenggarakan pengkajian bahan perencanaan dan pengendalian program serta pelayanan administrasi keuangan, administrasi kepegawaian dan administrasi umum Dinas.

Fungsi

  1. Penyelenggaraan koordinasi penyusunan dan pengkajian bahan kebijakan teknis, koordinasi, pembinaan, dan pengendalian pelaksanaan urusan Pemerintah Daerah Provinsi di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana;
  2. Penyelenggaraan kegiatan pelayanan publik dan administrasi aspek kesekretariatan;
  3. Penyelenggaraan pengkajian bahan perencanaan dan pengendalian program serta pelayanan administrasi keuangan, administrasi kepegawaian dan administrasi umum Dinas; dan
  4. Penyelenggaraan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan kegiatan kesekretariatan Dinas.

Rincian Tugas

  1. Menyelenggarakan pengkajian program kerja Sekretariat dan Dinas;
  2. Menyelenggarakan pelayanan publik dan administrasi aspek kesekretariatan;
  3. Membantu Kepala Dinas menyelenggarakan koordinasi penyusunan dan pengkajian bahan kebijakan teknis, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan urusan pemerintah Daerah Provinsi di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana;
  4. Menyelenggarakan pengkajian bahan perencanaan dan pengendalian program Dinas;
  5. Menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan meliputi penganggaran, penatausahaan, serta pengelolaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan Dinas;
  6. Menyelenggarakan pelayanan administrasi kepegawaian meliputi pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompetensi, pembinaan disiplin dan kesejahteraan pegawai Dinas;
  7. Menyelenggarakan pelayanan administrasi umum meliputi ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang/aset, kehumasan, keprotokolan, pengelolaan poliklinik serta pengelolaan perpusatakaan dan kearsipan Dinas;
  8. Menyelenggarakan pengkajian bahan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan, dan pengembangan pelayanan publik Dinas dan UPTB;
  9. Menyelenggarakan pelaksanaan pengelola informasi publik;
  10. Menyelenggarakan koordinasi penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian dan perundang-undangan lingkup Dinas;
  11. Menyelenggarakan pengkajian bahan Renstra, Renja, RKT, RKA, DPA, DIPA, Tapkin, LAKIP, LKPJ, dan LPPD di lingkup Dinas;
  12. Membantu Kepala Dinas menyelenggarakan koordinasi dan fasilitasi Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  13. Menyelenggarakan koordinasi pengkajian administrasi hasil verifikasi, rekomendasi, dan pemantauan terhadap permohonan dan realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial dari bidang di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana;
  14. Membantu Kepala Dinas menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi UPTB;
  15. Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  16. Menyelenggarakan pengendalian, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Sekretariat Dinas; dan
  17. Menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Sekretariat membawahkan:

  1. Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  2. Subbagian Keuangan dan Aset dan Aset; dan
  3. Subbagian Kepegawaian dan Umum.

Subbagian Perencanaan dan Pelaporan

Tugas Pokok
Melaksanakan pengendalian kegiatan Subbagian Perencanaan dan Pelaporan, membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi penyusunan bahan kebijakan teknis, bahan perencanaan dan bahan pengendalian program serta melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Dinas.

Fungsi

  1. Pelaksanaan pengendalian kegiatan Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  2. Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis, bahan koordinasi, bahan perencanaan, dan pengendalian program Dinas;
  3. Pelaksanaan koordinasi, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Dinas; dan
  4. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan Subbagian Perencanaan dan Pelaporan.

Rincian Tugas

  1. Melaksanakan penyusunan program kerja Sekretariat serta Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  2. Melaksanakan pengendalian kegiatan Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  3. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis Perencanaan dan Pelaporan Dinas;
  4. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi penyusunan perencanaan dan pengendalian program Dinas serta UPTB;
  5. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi penyusunan bahan Renstra, Renja, RKT, RKA, DPA, DIPA, Tapkin, LAKIP, LKPJ, dan LPPD di lingkup Dinas;
  6. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi pemantauan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Dinas serta UPTB;
  7. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi pengkajian bahan verifikasi, bahan rekomendasi dan pemantauan terhadap permohonan dan realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana;
  8. Melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  9. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan Subbagian Perencanaan dan Pelaporan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Subbagian Keuangan dan Aset

Tugas Pokok

melaksanakan pengendalian kegiatan Subbagian Keuangan dan Aset, membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi penganggaran, penatausahaan, pengelolaan sistem akuntansi, dan pelaporan keuangan Dinas.

Fungsi:

  1. Pelaksanaan koordinasi dan pelayanan administrasi penganggaran, penatausahaan serta pengelolaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan Dinas;
  2. Pelaksanaan pengendalian kegiatan Subbagian Keuangan dan Aset; dan
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan Subbagian Keuangan dan Aset.

Rincian Tugas

  1. Melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Keuangan dan Aset;
  2. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi penganggaran keuangan Dinas, meliputi antara lain perencanaan anggaran dan penyusunan dokumen anggaran;
  3. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi penatausahaan keuangan Dinas, meliputi pelayanan perbendaharaan;
  4. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi pengelolaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan Dinas, meliputi verifikasi dan pertanggungjawaban keuangan;
  5. Melaksanakan Administrasi realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana;
  6. Melaksanakan pengendalian kegiatan Subbagian Keuangan dan Aset;
  7. Melaksanakan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangan Dinas dan UPTB;
  8. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan fasilitasi penyelenggaraan administrasi keuangan UPTB;
  9. Melaksanakan penyusunan bahan evaluasi dan laporan keuangan, kegiatan anggaran pendapatan dan belanja;
  10. Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan fasilitasi Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  11. Melaksanakan penyusuanan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  12. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan Subbagian Keuangan dan Aset; dan
  13. Melaksanakan tugas lain sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Subbagian Kepegawaian dan Umum

Tugas Pokok

Melaksanakan pengendalian kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Umum, serta membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi kepegawaian dan administrasi umum Dinas.

Fungsi

  • Pelaksanaan koordinasi dan pelayanan administrasi kepegawaian dan administrasi umum Dinas;
  • Pelaksanaan pengendalian kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Umum; dan
  • Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Umum.

Rincian Tugas

  • Melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Kepegawaian dan Umum;
  • Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi kepegawaian meliputi pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompetensi, pembinaan disiplin dan kesejahteraan pegawai Dinas;
  • Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan pelayanan administrasi umum meliputi ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang/aset, kehumasan, keprotokolan, pengelolaan poliklinik serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan Dinas;
  • Melaksanakan pengendalian kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Umum;
  • Membantu Sekretaris Dinas melaksanakan koordinasi dan fasilitasi penyelenggaraan administrasi kepegawaian dan administrasi umum UPTB;
  • Melaksanakan pengelolaan sistem dan layanan informasi pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana;
  • Melaksanakan koordinasi penyusunan bahan dan penataan kelembagaan, penataan ketatalaksanaan dan pengembangan pelayanan publik Dinas dan UPTB;
  • Melaksanakan koordinasi penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan lingkup Dinas;
  • Melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan Subbagian Kepegawaian dan Umum; dan
  • Melaksanakan tugas lain sesuai tugas pokok dan fungsinya.