Gambaran umum tentang sekolah ramah anak.

Sekolah yang ramah anak merupakan institusi yang mengenal dan menghargai hak anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, kesempatan bermain dan bersenang, melindungi dari kekerasan dan pelecehan, dapat mengungkapkan pandangan secara bebas, dan berperan serta dalam mengambil keputusan sesuai dengan kapasitas mereka. Sekolah juga menanamkan tanggung jawab untuk menghormati hak-hak orang lain, kemajemukan dan menyelesaikan masalah perbedaan tanpa melakukan kekerasan. Di dalam konsep sekolah ramah anak murid selalu dilibatkan  didalam menciptakan lingkungan sekolah yang menarik dan ideal seperti :

  • Dilibatkan dalam mengungkapkan ide, gagasannya mendesain sekolah dengan media belajar (kotak saran, jam diri, kotak soal, majalah dinding, taman, kebun sekolah, penataan bangku, dekorasi kelas sehingga menarik).
  • Murid dilibatkan dalam berbagai  aktifitas yang mengembangkan kompetensi dengan menekankan proses belajar melalui berbuat sesuatu.

Bagaimana menciptakan sekolah yang ramah anak…?

  • Sekolah harus inklusive (terbuka) peka gender dan non diskriminasi.
  • Proses pembelajaran yang efektif/ menerapkan PAKEM
  • Sehat untuk anak.
  • Perhatian dan melindungi anak
  • Melibatkan anak, orang tua dan masyarakat didalam meningkatkan kualitas sekolah. 

Potret bagaimana proses belajar berlangsung…?

Proses pembelajaran yang efektif/ menerapkan PAKEM. Bagaimana siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan

Salah satu proses belajar yang menarik adalah ketika model belajar yang selalu bervariasi (Multi Metode)

Guru menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siwa

Anak belajar tidak sekedar menghapal tetapi harus mengkonstruksikan pengetahuan tersebut dibenak mereka sendiri

Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.

Ruang kelas yang menarik merupakan hal yang sangat disarankan dalam PAKEM. Kelas yang menarik akan sangat menunjang proses belajar mengajar (PBM).

Desain kelas yang menarik sebaiknya disesuaikan dengan kondisi anak. Kelas rendah tidak sama dengan kelas tinggi, media-media yg dipajang menunjukan mata pelajaran yang dipelajari. Kutipan hasil penelitian para ahli mengatakan bahwa “ warna dan gerakan (metode belajar)dapat mendorong kemampuan belajar (Learning)

 Bagaimana menciptakan lingkungan sekolah/kelas yang menarik dan artistik

Didalam konsep sekolah ramah anak murid selalu dilibatkan  didalam menciptakan lingkungan sekolah yang menarik dan ideal, seperti: dilibatkan dalam mengungkapkan ide gagasannya mendesain sekolah dengan media belajar (kotak saran, jam diri, Kotak soal, majalah dinding, taman, kebun sekolah, penataan bangku, dekorasi kelas sehingga menarik.

Desain kelas dengan pajangan hasil karya siswa

Mengapa harus ada pajangan? Untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik. Dan apa manfaatnya ?Manfaatnya adalah membantu siswa dalam proses pembelajaran, memberikan motivasi dan dorongan pada siswa, mempertunjukkan atau memamerkan hasil pekerjaan siswa, Anak mudah mendapat gagasan baru dari apa yang dipajangkan, sebagai alat kontrol dan umpan balik. Menciptakan lingkungan sekolah yang menarik tidak harus mahal, barang bekaspun jadi seperti yang terlihat dalam gambar dibawah ini.

Apa Saja Yang Sebaiknya Dipajangkan.

Hasil pekerjaan siswa;

Tulisan Anak seperti, cerita, karangan, puisi, laporan, buku yang dibuat anak. Hasil kerja kelompok/ personal, seperti kliping, kerajinan tangan atau karya seni dsb. Hasil gambar anak-anak seperti, peta, denah, kaligrafi, dsb. Media-media belajar siswa

Yang seharusnya tidak dipajang adalahLembaran latihan rutin Hasil kerja yang kurang benar, karya yang tidak bagus untuk di contoh misalnya tidak rapi, acak-acakan/ tidak teratur. Selain hasil karya siswa, media belajar mandiripun menjadi bagian yang ada dikelas

Bagaimana Cara Memajangkan

  • Mudah dan nyaman dibaca oleh anak (tidak terlalu tinggi)
  • Pekerjaan anak sebaiknya dipajang secara individual (bukan bundelan)
  • Yang dipajangkan hendaknya dalam keadaan bersih, rapi, menarik (diberi warna)
  • Benda/media yang dipajangkan dapat di tempel didinding, digantung di langit-langit/ diatur diatas meja.
  • Pajangan harus pada tempat yang bisa di lihat/dibaca tidak di belakangi/ dihalangi oleh media lain
  • Pajangan harus teratur sehingga menarik dan indah.

Berapa lama pajangan dipasang. Pajangan yang sepanjang tahun ajaran biasanya berupa; Peraturan, tata tertib, motto atau kata-kata bijak, Pajangan yang lebih dari setahun ajaran adalah pajangan yang selama ada keterkaitan dengan tema, materi pembelajaran. Pajangan dalam seminggu atau sebulan biasanya berupa hasil karya anak yang dipajang di mading berupa gambar-gambar, puisi, hasil karya tulis. Bisa juga harian berupa format isian / lembar kerja siswa.

Model Belajar Mandiri

Model belajar mandiri menawarkan cara belajar yang akan membawa siswa kedunia bermain, model belajar mandiri diawali dari konsep sederhana, yaitu bagaimana seorang guru bisa membangkitkan selera belajar siswa dengan model belajar yang memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan sendiri tanpa  diberi komando/ instruksi setiap hari oleh guru. “ seperti apa  model belajar mandiri tersebut…? “

 Papan absen mandiri dan jam diri siswa :

Papan absen mandiri merupakan media untuk melatih siswa mengabsen diri sendiri dengan cara siswa membuka nama/foto yang tergantung di papan absen. Setelah itu dilanjutkan dengan memutar masing-masing jam kehadiran untuk menunjukkan jam berapa ia hadir pada saat itu. Kegiatan ini dilakukan Setiap pagi sebelum memulai belajar. Apa manfaatnya…? Anak terlatih jujur, sportif, bertanggung jawab dan disiplin.

Kotak Sarapan Pagi.

Kotak sarapan pagi merupakan tempat menyimpan soal-soal uji cakap bagi siswa dari beberapa materi. 10 menit sebelum belajar dimulai, satu persatu siswa ditanya oleh temanya sendiri tentang materi yang sudah dipelajari, bagi siswa yg mampu menjawab dibebaskan dari tugas (PR)

Kotak soal siswa.

Kotak soal siswa merupakan tempat menyimpan hasi ulangan harian, smesteran dan tugas siswa. Masing-masing siswa memiliki kotak sendiri, setiap semester isi kotak tersebut akan diperlihatkan kepada walimurid tentang nilai dan prestasi siswa

Pohon Ilmu

Pohon ilmu merupakan media motivasi belajar yg digunakan untuk memajangkan prestasi/ hasil kerja kelompok maupun individu, nilai pada pohon ilmu diibaratkan sebagai daun/buah, semakin tinggi hasil kerja siswa digantung berarti nilai tinggi sebaliknya yang terendah nilai tendah dengan demikian akan terjadi persaingan antara kelompok maupun individu.

Kotak Saran

Kotak ini berfungsi sebagai sarana menampung  saran, ide dan gagasan siswa kepada guru tentang apa saja yang berhubungan dengan pendidikan. Siswa yang tidak mampu menyampaikan dengan lisan ide dan gagasan bisa teratasi.

Mading

Majalah dinding merupakan media tempat mengembangkan minat dan bakat siswa, tempat mengekspresikan kreatifitas siswa, seperti puisi, karangan, kliping, gambar, cerita lucu, karikatur, dsb. Media ini diorganisir oleh siswa sendiri, setiap seminggu isi mading selalu diganti dengan karya yang baru dan begitu seterusnya

Mood  Meter

Mood meter merupakan media refleksi dan evaluasi proses belajar mengajar dikelas. Guru yang terbuka akan selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksi kembali PBM, apakah siswa dapat menyerap pelajaran yang diberikan guru atau tidak, metode pembelajran yang difasilitasi oleh guru disukai atau tidak dsb. Sehingga guru dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan padasaat PBM, jadi ada kesempatan guru untuk memperbaiki metode pembelajara.

Sekolah Ramah Anak juga menanamkan prilaku bersih yaitu bersih diri dan lingkungan serta pendidikan kesehatan yang berbasis keterampilan.

Rujukan:
https://derao.wordpress.com/2010/09/24/sekolah-ramah-anak-sebuah-guideline-sederhana

Artikel Terkait

Netty: Penyebab Kekerasan adalah Kemiskinan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan akar penyebab tindakan kekerasan adalah kemiskinan.  Hal ini didukung oleh pernikahan dini, disharmoni dan k...
Aher: Tunjangan Guru Akan Naik 100 Persen BANDUNG-Pada peringatan hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Barat, ada kabar baik bagi kalangan pengajar atau guru yang berada di Jawa Barat. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menaikkan Tunjangan Penghasi...
Waspada, Ini 5 Tanda Pedofilia Pelecehan seksual kerapkali menimpa anak-anak. Parahnya sebanyak 90 persen pelaku kejahatan seks adalah orang terdekat atau kenal dengan korban dan keluarga Anda. Oleh sebab itu, ini 5 tanda pedofilia yang perlu dikenali agar...
Tips Mengontrol Aktivitas Internet Anak Dengan hadirnya internet, kita kebanjiran informasi. Kita bisa mendapatkan informasi apapun dalam perpustakaan raksasa ini. Namun tanpa pintar memilah dan pengetahuan terhadap suatu informasi, kita bisa tersesat dan mendapatk...
HUT Ke-72 RI, Aher Tekankan Makna Demokrasi BANDUNG-Pada bagian lain amanat Gubernur saat peringatan HUT ke-72 RI, Kamis (17/8), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menekankan pentingnya makna demokrasi. Baginya demokrasi bukan semata-mata sebagai wahan...

Leave a Reply

Your email address will not be published.