Besok, 23 Juli, adalah Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional harusnya momen tahun ini bisa menjadi salah satu momen terbaik untuk memberikan perlakuan spesial pada anak.

Ya, Hari Anak Nasional memang bermula dari gagasan untuk meningkatkan kesejahteraan anak, dan menjamin tumbuh kembangnya dengan baik dan tanpa diskriminasi. Hari ini menjadi salah satu momen pengingat bahwa anak merupakan bagian dari generasi penerus untuk masa depan, dan Anda berperan sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, kali ini kami mempunyai saran tentang ‘hadiah’ apa yang bisa diberikan pada anak dalam suasana Hari Anak Nasional ini. Berikut diantaranya:

1. Buku


Photo by fionaraven

Buku adalah salah satu hadiah yang mulai populer untuk diberikan kepada orang terkasih. Sebagai tanda cinta dan peduli terhadap perkembangan anak, buku bisa jadi salah satu hadiah bermanfaat, bahkan kalau judulnya tepat (sesuai usia, minat anak, dll) bisa berperan sebagai life-changer bagi anak.

2. Foto Keluarga


Photo by cdc.gov

Dengan menjamurnya sosial media, anak punya puluhan bahkan ratusan foto yang dimilikinya di akun Instagram atau Path nya, yang mana mungkin hanya sedikit yang isinya foto bersama keluarga. Berikanlah anak foto keluarga yang dicetak, entah bentuknya dalam kalung/liontin (untuk menimbulkan kesan klasik yang romantis), dalam bingkai untuk dipajang di kamar, atau yang sekedar bisa dimasukkan dompet. Hal ini dilakukan agar anak selalu ingat momen terbaik bersama keluarga, dan bahwa keluarga adalah tempat terindah untuk pulang.

3. Waktu


Photo by curiouschef.com

Sudah sangat banyak kisah yang menceritakan bagaimana orang tua seharusnya menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak. Kebersamaan yang erat dengan anak memang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Mumpung masih dalam suasana liburan dan lebaran, manfaatkanlah momen ini untuk meluangkan waktu untuk mendekatkan diri pada anak dengan melakukan berbagai kegiatan bersama seperti bermain, jalan-jalan, masak, dll.

4. Obrolan Hangat


Photo by lorithayer.com

Rasanya obrolan hangat layak untuk menjadi poin sendiri. Berbagi cerita bisa membuat hubungan semakin erat. Ceritakanlah kisah keluarga, pengalaman masa lalu orang tua, kakak, atau saudara, adat istiadat daerah, dll. Faktor wisdom dan hikmah dari cerita-cerita orang yang lebih tua selalu menjadi nilai plus dari setiap cerita yang diberikan. Ajak juga anak untuk menceritakan kegiatannya, minatnya, kesukaannya, masalahnya, mimpi dan cita-citanya, agar orang tua bisa memberi masukan dan mendukung dengan maksimal.

5. Fasilitas Belajar


Photo by modelrumahunik

Pertumbuhan dan perkembangan anak tentu dipengaruhi dari lingkungan dan fasilitas belajar yang didapatkannya, di sekolah maupun di rumah. Menjelang masuk sekolah, siapkan kembali fasilitas belajar terbaik untuk anak. Buku sekolah, sepatu, seragam, lampu belajar, dll. Apabila anak butuh tambahan waktu belajar di rumah, Anda juga bisa memberikannya guru privat terbaik untuk datang ke rumah, atau mengikuti kelas-kelas tambahan untuk minat dan bakatnya.

Itulah dia 5 hadiah yang bisa Anda berikan untuk anak di Hari Anak Nasional kali ini. Semoga hubungan dalam keluarga semakin harmonis, dan anak tumbuh menjadi pribadi terbaik sebagai generasi penerus.

Ada ide hadiah lain yang bisa Anda berikan kepada anak? Berikan ide Anda di kolom komentar ya!

Selamat Hari Anak Nasional 2016!

Sumber:
http://blog.ruangguru.com

Artikel Terkait

Aher: Istighosah, Mobilisasi Doa untuk Kesuksesan PON di Jawa Barat Sekitar 1.500 orang yang merupakan PNS Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung serta masyarakat sekitar Stadion GBLA melaksanakan istighosah atau doa bersama menyambut pelaksanaan PON XIX/2016 Jawa Barat. Hadir dalam istighosah...
Hari Keluarga Nasional, Momentum Memaknai Arti Keluarga Momentum Hari Keluarga Nasional yang diselenggarakan setiap 21 Juni di Indonesia dinilai sangat bermakna sebagai fondasi membangun bangsa Indonesia sebagai Bangsa yang besar. Hari puncaknya jatuh pada 29 Juni namun berkenaan ...
7 Pola Asuh Penyebab Anak Menjadi LGBT Pola asuh tepat berperan signifikan dalam mencegah orientasi seksual LGBT. Berikut 7 pola asuh penyebab anak menjadi LGBT menurut Elly Risman, MPsi: 1. Orangtua yang TIDAK PEDULI Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini...
Kampung KB: Inovasi Strategis Memberdayakan Masyarakat Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB.  Targe...
Lakukan 7 Kegiatan Quality Time Seru Ini Bersama si Kecil Waktu Bersama Anak Jangan Dihabiskan Pergi ke Mal, Lakukan 7 Kegiatan Quality Time Seru Ini Bersama si Kecil Untuk ibu bekerja, kesempatan menghabiskan waktu bersama Si Kecil merupakan sesuatu yang sangat berharga. Jan...

Leave a Reply

Your email address will not be published.