Batik Indramayu ciri yg menonjol adalah banyak bentuk lengkung, dan garis yang meruncing , berlatar putih, warna gelap, dan banyak titik yang dibuat dengan teknik complongan jarum, serta bentuk isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku.

Ciri khas lainnya yaitu letak geografis, sifat, dan tata kehidupan daerah yakni nelayan dan petani menjadi ciri dan identitas batik Indramayu. Para pembatik banyak mengambil tema alam di sekitarnya, kemudian dituangkan menjadi bentuk ragam hias di atas kain.

Unsur pokok seni rupa pada batik Indramayu lebih ditentukan oleh garis dan titik, warna, bidang, dan tekstur. Kemudian unsur-unsur seni tersebut harus disusun membentuk motif disain sehingga mampu memberikan cita rasa keindahan secara harmonis dan utuh.

Daya tarik seni batik indramayu perlu ditanamkan kepada warga sekitarnya. Oleh sebab itu DP3AKB Jabar melatihkan seni batik kepada para perempuan peka di Desa Majasari Indramayu.

Dengan bahan dasar putih dan bahan pokok Gondorukem, Damar, Parafin (putih dan kuning), Microwax, Lemak binatang (kendal atau gajih), minyak kelapa, lilin tawon dan lilin lanceng. para peserta dilatih mulai dari membuat pola sampai teknis pewarnaan.

Meskipun pelatihan membatik ini sangat singkat tapi peserta sudah melek dengan textur batik.Diharapkan para perempuan peka desa majasari dapat menambah income RT nya.(misgi/pkhp)

Artikel Terkait

Advokasi Peran Gugus Tugas Trafficking di Jawa Barat Tahun 2017 Setiap OPD harus menjalankan undang2 human trafficking khususnya di kota banjar,uraian itu di ucakan oleh ibu walikota kota banjar ibu hj.ade uu sukaesih dalam sambutannya pada acara Advokasi Peran Gugus Tugas Trafficking di ...
Lomba Memeriahkan HUT RI ke-72 DP3AKB Selain melaksanakan upacara penaikan bendera dengan pembacaaan teks proklamasi, satu lainnya yang sudah menjadi tradisi tahunan dalam HUT RI adalah melaksanakan lomba Agustusan. Begitupun di kantor DP3AKB, kami mengadakan lom...
Gubernur Kukuhkan dan Lantik Pejabat Esselon II Pemprov. Jabar Sebagai konsekuensi adanya SOTK baru dan dalam rangka menghadapi awal tahun baru 2017, Gubernur Ahmad Heryawan mengukuhkan dan melantik para pejabat esselon II (Pengguna Anggaran), Eselon III (Tim Anggaran) dan Eselon IV (Pen...
Cheese, Please! – Pembinaan PL PEKKA Kota Sukabumi Keju adalah produk turunan susu yang kini semakin banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Dikonsumsi secara langsung, dijadikan campuran roti dan kue, ataupun diolah menjadi saus pelengkap steak ataupun hidangan Western lainn...

Leave a Reply

Your email address will not be published.