Ketua Umum PB PON XIX Ahmad Heryawan yang juga Gubernur Jabar mengatakan, PON XIX Jawa Barat tahun 2016 banyak mengukir catatan besar. Hal itu diungkapkan Ahmad Heryawan atau Aher dalam laporannya di hadapan Presiden RI, pada Pambukaan PON XIX di Stadion GBLA Sabtu malam (17/9).

“PON XIX mempertandingkan 44 cabang olah raga, dengan 756 nomor, 756 medali dan lebih dari 5000 atlet, official panitia yang terlibat” katanya.

Kirab api PON juga menempuh jarak terpanjang dalam sejarah penyelenggaraan PON yang melewati hampir seluruh Kabupaten Kota di Jawa Barat.

“Kirab api PON sslama kurang lebih 17 hari menempuh jarak lebih dari seribu kilometer melwati hampir seluruh Kabupaten Kota di Jawa Barat, dengan sumber api alam dari Majakerta Indramayu” jelasnya.

Ahamad Heryawan berharap, penyelenggaraan PON XIX di Jawa Barat bisa menjadi ajang pengukiran prestasi yang lebih baik bagi para atlet Nasional dari PON sebelumnya. (Pun)

Begini Kemeriahan Pembukaan PON XIX Jabar 2016

Untuk melihat kemeriahan PON, silakan lihat video berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=uNEpXQx1PCU&rel=0

Kemeriahan pesta pembukaan Pekan Olahraga Nasional XIX begitu terasa di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage Kota Bandung, Sabtu (17/9) malam WIB.

Acara resmi dimulai setelah Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo datang ke GBLA. Selain itu ada juga Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Walikota Bandung Ridwan Kamil dan sejumlah pejabat lainnya.

Tak lama setelah presiden datang, seisi GBLA diajak berdiri untuk mengumandangkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah lagu kebangsaan, Stadion GBLA langsung bergemuruh dengan ratusan kembang api yang menyala di langit stadion. Warna warni kembang api dan ledakan-ledakan petasan membuat GBLA begitu indah dan meriah.

Tak sedikit penonton mengabadikan momen tersebut melalui kamera ponsel. Ledakan petasan dan kembang api selesai, para penonton dihibur dengan aksi raturan penabuh perkusi yang sudah berbaris di lapangan. Para penabuh perkusi ini menggunakan stik berlampu warna warni.

Setelah itu acara upacara pembukaan ini dilanjutkan dengan parade atlet legenda. Terlihat atlet-atlet yang pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia di level internasional seperti binaragawan Ade Rai, pebulu tangkis Taufik Hidayat, Susi Susanti, Alan Budi Kusuma, dan Ricky Subagja, dan atlet yang baru saja meraih medali emas bulu tangkis Olimpiade Rio de Janeiro Liliana Natsir dan Tontowi Ahmad.

Sorot mata kamera tak berhenti ketika para legenda ini berjalan setengah keliling stadion GBLA.

Barulah kemudian para atlet dan semua kontingen yang menjadi peserta PON XIX Jabar.

Sumber:
http://Jabarprov.go.id
http://www.republika.co.id

Artikel Terkait

Bangun Kepantasan Diri Sebagai Calon Pemimpin Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan menuturkan persaingan yang kita hadapi merupakan sesuatu yang bersifat alamiah. Apalagi dengan adanya Masyarakat Ekonom...
Hindari Fenomena BLAST dengan Budaya Literasi Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan khawatir anak-anak Jawa Barat mengalami fenomena BLAST (Bored, Lonely, Angry, Stress, Tired) yang berujung pada permasalahan sosial seperti kekerasan seksual dan narkoba pada usia prod...
Aher: Sukses Pertandingan, Prestasi, dan Ekonomi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (kanan) mengibarkan bendera PON sebelum diserahkan kepada Ketua KONI Tono Suratman (kedua kanan) yang selanjutnya diberikan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) pada penutupan PON XIX di S...
8 Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Jika Anak Terlalu Lama Belajar Belum lama ini publik dihebohkan dengan wacana Menter Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy tentang sekolah satu hari penuh atau full day school. Banyak warna yang menilai bahwa rencana tersebut akan berdampak buruk bag...

Leave a Reply

Your email address will not be published.