Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat sekaligus Ketua Forikan Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan menghadiri Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfir LAPAN Kabupaten Garut, Selasa (3/5/16).

Netty mengatakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini merupakan sebuah komitmen bersama antara Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Koordinasi Penyuluh, BKPP IV, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat untuk terus menginisiasi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jawa Barat.

“Sebisa mungkin anak-anak terus bersekolah sampai tingkat SMU, maka sebagai orangtua harus terus perhatikan asupan gizi untuk terus sehat dan cerdas seperti konsumsi ikan. Karena ikan merupakan salah satu kekayaan Jawa Barat yang menjadikan anak-anak sehat unggul, berkualitas dan mampu bersaing,” lanjutnya.

Gemar makan ikan

Hal tersebut harus disertai dengan perempuan khususnya Ibu di Jawa Barat yang sehat untuk memantau tumbuh kembang anak hingga dewasa. “Salah satunya melalui IVA Test, dapat diketahui sejak dini kanker serviks bagi perempuan, minimal dapat dilakukan 5 tahun sekali secara rutin. Sehingga dapat membangun bangsa yang sehat dan kuat serta dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” papar Netty.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail menuturkan tema dari kegiatan ini

“Dengan Gerakan Makan Ikan Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan Perempuan Untuk Mewujudkan Masyarakat Jawa Barat Produktif dan Mandiri”.

Tujuan kegiatan ini, ungkapnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk konsumsi makan ikan agar anak-anak sehat dan cerdas sebagai penerus bangsa. “Diikuti oleh para nelayan di Pantai Santolo, anak sekolah sebanyak 200 peserta. Selain itu, dirangkaikan dengan melakukan deteksi dini kanker serviks dengan IVA Test para ibu-ibu nelayan di daerah pesisir pantai dan penduduk sekitar,” tambahnya.

Three Ends Strategi Tiga Akhiri

Three Ends Strategi

Juga pada kesempatan baik tersebut Ketua BP3AKB Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mensosialisasikan Three Ends Strategi atau Strategi Tiga Akhiri serta HeForShe.

Kampanye Three Ends ini merupakan program unggulan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA). Three Ends Strategi yang dimaksud adalah End Violence Against Women and Children (Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak); End Human Trafficking (Akhiri Perdagangan Manusia), dan End Barriers To Economic Justice (Akhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan).

Sementara HeForShe merupakan kampanye global yakni bentuk pelibatan kaum laki-laki dalam mendukung tercapainya kesetaraan gender. Kampanye HeforShe di Indonesia merupakan bentuk komitmen pemerintah yang memposisikan pria agar lebih peduli terhadap kesetaraan gender. Dengan adanya kampanye ini, maka diharapkan ada perubahan paradigma atau pola pikir laki-laki sehingga dapat memberikan akses, kesempatan, dan ruang kepada perempuan untuk bersama-sama menjadi subjek dalam pembangunan.

Gemar makan ikan

Gemar makan ikan

Album selengkapnya silakan lihat di sini.

Sumber: http://www.bandungnewsphoto.com/

Artikel Terkait

Bagaimana Penerapan Hukuman Kebiri? Ini Penjelasan Pemerintah shutterstock KOMPAS.com — Hukuman kebiri dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menimbulkan pro ...
Monitoring dan Evaluasi Kota Layak Anak di Kota Bekasi Kegiatan Monev ini dilaksanakan di Kantor Dinas PP dan PA Kota Bekasi pada 26 April 2017. Kegiatan dihadiri oleh Gugus Tugas KLA seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Disdukcapil, Dinas Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Ma...
Kongres Anak Indonesia (KAI) ke XIII/2015 Kegiatan ini diikuti anak-anak dari seluruh Indonesia dengan melibatkan partisipasi LSM/LPA, Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dan dunia usaha. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari implementasi Hari Anak Nasional (HAN) ...
Gubernur Lantik Pejabat Eselon di Halaman Gedung Sate BANDUNG-Sebagai tindak lanjut pengisian pada SOTK baru, Gubernur Ahmad Heryawan untuk keduakalinya melantik para pejabat eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin (9/1), bertempat di Halaman Gedung...
Hindari Fenomena BLAST dengan Budaya Literasi Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan khawatir anak-anak Jawa Barat mengalami fenomena BLAST (Bored, Lonely, Angry, Stress, Tired) yang berujung pada permasalahan sosial seperti kekerasan seksual dan narkoba pada usia prod...

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.