1. Berikan stimulus

Pemberian stimulus untuk mengasah intelegensinya sangat dianjurkan. Berikan stimulus baik tersebut dengan cara yang menyenangkan sehingga anak akan lebih cepat menerima dan tidak mudah bosan.

2. Libatkan diri Anda

Melibatkan diri di setiap kegiatan anak akan sangat membantu merangsang tumbuh kembangnya. Selain itu dengan keterlibatan orang tua, anak akan merasa lebih dekat dengan menerima kasih sayang Anda.

3. Jangan terlalu dimanja

Sikap orang tua yang selalu memanjakan anak akan berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya. ini terjadi karena anak tidak diajarakan untuk belajar memulai sesuaitu.

4. Buatlah aturan

Membuat aturan bukan berarti Anda adalah orang tua yang over protective. Dengan membuat peraturan, anak dapat mendisiplinkan diri sejak dini sehingga akan lebih menghargai aturan dan juga orang lain ketika dewasa.

5. Beri pujian

Kapan teakhir kali Anda memberi pujian untuk anak Anda? Meskipun hanya sekadar kata “Kamu hebat nak,” dengan memberikan pujian anak akan merasa setiap usahanya dihargai. Manfaat lainnya adalah anak akan merasa diperhatikan orang tuanya sehingga akan melakukan segala sesuatu dengan maksimal.

6. Hindari memberi hukuman fisik

Memberi hukuman fisik akan membuat anak lebih cepat trauma. Alangkah baiknya jika oang tua memberikan nasihat bijak dan mencontohkannya langsung pada anak.

7. Jelajahi lingkungan

Sikap protektif memang diperlukan tetapi jika terus melarangnya melakukan apapun, tentunya akan menghambat tumbuh kembangnya. Biarkan anak menjelajahi lingkungan sekitarnya, selain sebagai tempat bermain, lingkungan juga dapat sebagai tempat pembelajaran.

8. Pilih Informasi yang tepat

Dengan mencari sumber informasi yang tepat seperti konsultasi dengan dokter ataupun mengikuti seminar parenting akan banyak membantu orang tua mengontrol tumbuh kembang anak. Sehingga Anda akan terbebas dari mitos yang menyesatkan dan malah merugikan anak.

Artikel Terkait

Untuk Cewek, Inilah 8 Benda Yang Bisa Kamu Gunakan Perlindungan Berita kriminalitas saat ini lagi dihebohkan dengan kasus perkosaan rame-rame atau yang dikenal gang rape. Beberapa kasus berakhir tragis berakhir dengan kematian (baca Kisah Yy, gadis SMP diperkosa oleh 14 orang). Malah ada ...
Menpora: PON 2016 Jabar Berjalan Lancar PB PON XIX/2016 Jabar dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar rapat bersama para ketua kontingen atau Chief de Mission (CdM) dari setiap provinsi peserta PON. Rapat evaluasi yang digelar di The Trans Luxu...
5 Trik Melerai Anak Bertengkar Melerai anak-anak yang sedang bertengkar bukan hal mudah. Para orangtua mungkin sadar bagaimana keadilan dan melindungi mereka sangat penting. Alih-alih ingin anak cepat diam, orangtua justru memarahi tanpa anak tahu apa kesa...
Walikota Aktif di Medsos, Three Ends Pilih Bandung PROGRAM Jelajah Three Ends yang dicanangkan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara dan Bangka Belitung akan kembali merambah daerah lain di Indonesia. Selanjutnya ...
Anak 3-5 tahun Tak Selalu Mau Mendengar Perkataan Orangtua, ini 13 Tips Bicara denga... Kadang-kadang sangatlah sulit untuk berbicara dengan anak-anak kita dan untuk membuat mereka benar-benar memperhatikan dan mendengarkan hal yang kita katakan. Apalagi untuk anak balita. Mereka umumnya memang sudah bisa mem...

Leave a Reply

Your email address will not be published.