1. Berikan stimulus

Pemberian stimulus untuk mengasah intelegensinya sangat dianjurkan. Berikan stimulus baik tersebut dengan cara yang menyenangkan sehingga anak akan lebih cepat menerima dan tidak mudah bosan.

2. Libatkan diri Anda

Melibatkan diri di setiap kegiatan anak akan sangat membantu merangsang tumbuh kembangnya. Selain itu dengan keterlibatan orang tua, anak akan merasa lebih dekat dengan menerima kasih sayang Anda.

3. Jangan terlalu dimanja

Sikap orang tua yang selalu memanjakan anak akan berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya. ini terjadi karena anak tidak diajarakan untuk belajar memulai sesuaitu.

4. Buatlah aturan

Membuat aturan bukan berarti Anda adalah orang tua yang over protective. Dengan membuat peraturan, anak dapat mendisiplinkan diri sejak dini sehingga akan lebih menghargai aturan dan juga orang lain ketika dewasa.

5. Beri pujian

Kapan teakhir kali Anda memberi pujian untuk anak Anda? Meskipun hanya sekadar kata “Kamu hebat nak,” dengan memberikan pujian anak akan merasa setiap usahanya dihargai. Manfaat lainnya adalah anak akan merasa diperhatikan orang tuanya sehingga akan melakukan segala sesuatu dengan maksimal.

6. Hindari memberi hukuman fisik

Memberi hukuman fisik akan membuat anak lebih cepat trauma. Alangkah baiknya jika oang tua memberikan nasihat bijak dan mencontohkannya langsung pada anak.

7. Jelajahi lingkungan

Sikap protektif memang diperlukan tetapi jika terus melarangnya melakukan apapun, tentunya akan menghambat tumbuh kembangnya. Biarkan anak menjelajahi lingkungan sekitarnya, selain sebagai tempat bermain, lingkungan juga dapat sebagai tempat pembelajaran.

8. Pilih Informasi yang tepat

Dengan mencari sumber informasi yang tepat seperti konsultasi dengan dokter ataupun mengikuti seminar parenting akan banyak membantu orang tua mengontrol tumbuh kembang anak. Sehingga Anda akan terbebas dari mitos yang menyesatkan dan malah merugikan anak.

Artikel Terkait

3 Ribu Warga Ikut Mudik Gratis Pemprov Jabar Sebanyak 3 ribu warga ikuti mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Program mudik gratis ini menjadi upaya untuk menekan kepadatan dan kecelakaan selama musim mudik berlangsung. Sabtu (17/6) ...
KDRT Bukan Lagi Ranah Privat, Segera Laporkan Jika Anda Menemukan Kasusnya! Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sejak dilahirkan berniat untuk melakukan kekerasan, baik terhadap suami, istri, anak, bahkan anggota keluarga lainnya. Meski sudah ada sejak lama, namun mengapa Kekerasan Dalam Rumah Ta...
Para Ortu, Berikan ‘Hadiah’ Ini di Hari Anak Nasional! Besok, 23 Juli, adalah Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional harusnya momen tahun ini bisa menjadi salah satu momen terbaik untuk memberikan perlakuan spesial pada anak. Ya, Hari Anak Nasional memang bermula dari gagasan ...
Gubernur Usulkan Pembentukan dan Susunan OPD Baru ke DPRD Jabar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dalam Rapat Paripurna DPRD Jawa Barat di Gedung DPRD Jabar, Jl. Diponegoro No. 27, K...
Kadis P3AKB : Permasalan Kekerasan harus diselesaikan dari Hulu sampai Hilir… Bandung,Kepala Dinas P3AKB Provinsi Jawa Barat dalam paparannya mengatakan bahwa masalah-masalah kekerasan yang terjadi pada anak dan perempuan harus diselesaikan mulai dari hulu sampai hilir..,paparan itu disampaikan kepala ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.