Anak adalah harta bagi setiap orang tua yang tidak ternilai harganya. Agar tumbuh dengan baik dan memiliki sifat yang terpuji, anak perlu diajarkan kebiasaan yang baik sebagai bekal masa depannya kelak. Sebagai orang tua tentunya Anda tidak ingin melihat si buah hati berlaku kasar dan tidak sopan pada orang-orang di sekitarnya bukan?

Orang tua adalah contoh yang paling pertama dilihat oleh aak-anaknya. Anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan meniru apapun yang dilakukan orang tuanya. Kegiatan meniru ini biasanya akan menjadi kebiasaan yang dibawa hingga dewasa.

Agar anak tidak salah langkah dan memiliki sifat dan kelakuan yang baik, ini delapan kebaikan yang bisa diajarkan pada anak-anak.

MENGENALKAN ANAK PADA TUHAN DAN MENCINTAINYA AKAN MENIMBULKAN ANAK DENGAN SIFAT YANG BAIKK DAN RELIGIUS

Kebaikan utama yang perlu diajarkan pada anak-anak adalah membuatnya mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa. Anak yang diajarkan tentang agama sejak dini akan menimbulkan pribadi yang baik, menghormati sesama, dan yang penting lagi meyakini adanya Tuhan pemilik segala kehidupan dan alam semesta. Pada diri anak akan tertanam sifat yang enggan sombong karena selalu mengingat Tuhan di dalam kegiatan sehari-harinya.

AJARKAN ANAK UNTUK SELALU MENYAYANGI DAN MENGHORMATI ORANG TUA

Orang tua manapun akan berharap anak-anaknya yang sudah dirawat dapat patuh, sayang, dan selalu mendoakannya kapanpun dimanapun. Mereka selalu ingat untuk membantu orang tua ketika mereka dewasa. Untuk itu penting bagi orang tua membangun sedekat mungkin hubungan antara anak dan orang tua. Ajari cinta dan kasih sayang serta kepedulian pada anak-anak agar mereka menjadi pribadi yang penyayangbaik pada orang tua aupun teman-temannya.

AJARI ANAK TENTANG PENTINGNYA KEBERSIHAN PADA DIRI SENDRI DAN LINGKUNGAN SEKITAR

Anak merupakan peniru ulung, ketika melihat orang tuanya membuang sampah sembarangan ia pun akan meniru kebiasaan tersebut. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Anda ajarkan mengenai pentingnya kebersihan untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Ketika mereka sudah terbiasa akan lingkungan dan diri yang bersih,, lingkungan pun akan tetap terjaga, Kesehatan anak-anak pun tetap dalam kondisi yang baik karena tidak melakukan kebiasaan yang jorok yang dapat merugikan.

ANAK HARUS DIBIASAKAN TEPAT WAKTU, AGAR SAAT DEWASA TIDAK MEMBIASAKAN “JAM KARET”

Kebiasaan yang baik diajarkan pada anak-anak adalah mengajarinya selalu tepat waktu dalam berbagai hal. Seperti tepat waktu ketika tidur, makan, pergi sekolah, dan lain-lain. buat diri mereka sistematis dengan waktu. Sehingga ketika dewasa kelak ia akan terbiasa tepat waktu dalam berbagai kesempatan, termasuk ketika janji bertemu dengan seseorang.

KEJUJURAN MERUPAKAN HAL TERPENTING UNTUK BISA DITERIMA MASYARAKAT KELAK, MAKA DARI ITU PENTING UNTUK MENGAJARI ANAK UNTUK JUJUR

Anak yang dibiasakan berkata dan berperilaku jujur sejak kecil akan ragu atau enggan melakukan kecurangan ketika dewasa nanti. Ajari anak untuk berkata jujur di setiap kesempatan. Jangan langsung marah ketika ia jujur tentang kesalahannya. Marah-lah ketika anak Anda berbohong mengenai perbuatannya.

BELAJAR MANDIRI SEJAK ANAK-ANAK AKAN MENJADIKANNYA PRIBADI YANG TIDAK BERGANTUNG PADA ORANG LAIN

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat anak menjadi pribadi yang mandiri. Mulai dari mengajarinya berhemat menggunakan uang yang diperolehnya, memberinya contoh bagaimana susahnya bekerja untuk menghasilkan uang, mengajak anak-anak ke suatu daerah terpencil dimana anak-anak di daerah itu kesusahan, dan sebagainya.

Mengajarinya hidup mandiri dengan tidak selalu memberikan apa yang menjadi keinginannya akan membuat anak menjadi tidak manja dan tidak terlalu mudah bergantung pada orang lain. biarkan dia beradaptasi dengan caranya sendiri untuk memperoleh sesuatu yang menjadi keinginannya.

MENGAJARI ANAK UNTUK TIDUR TEPAT WAKTU DAPAT MEMBUAT ANAK LEBIH PEDULI TERHADAP KESEHATAN

Sangat penting untuk selalu mengajarkan anak untuk selalu tidur tepat pada waktunya. Jelaskan pada anak-anak sejak dini bahwa tidur terlambat hanya akan berdampak buruk pada kesehatan. Anak yang sudah diajarkan sejak dini mengenai pentingnya tidur tepat akan membuatnya lebih peduli kesehatan sejak kecil. Agar anak lebih percaya bahwa tidur telat dapat berdampak buruk, orang tua sebaiknya memberi contoh yang baik dengan tidak tidur begadang.

AJARI ANAK MENGENAI PENTINGNYA KETAATAN

Beberapa orang tua mungkin sering menggunakan kekerasan atau kata-kata kasar untuk ketika anak mulai sulit diatur dan tidak taat pada aturan orang tua. Mengajari anak-anak dengan cara seperti itu hanya membuatnya akan terus menjadi anak yang pembangkang. Ajari ketaatan dengan kasih sayang. Beri penjelasan yang jelas dan logis mengapa anak-anak perlu berlaku taat pada orang tua maupun aturan yang berlaku di masyarakat.

Sumber: http://sayangianak.com/8-kebaikan-yang-bisa-diajarkan-pada-buah-hati-anda/

Artikel Terkait

Rapat Program Pengasuhan Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat (PPABM) Ketua P2TP2A Jawa Barat Netty Prastiyani Heryawan memimpin rapat pada acara Program Pengasuhan Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat (PPABM) di Ruang Rapat Sangga Buana Gedung Sate Bandung, Jumat 9 September 2016 ki-ka: ...
Mien Uno: Perempuan Indonesia is Backbone of The Nation "Perempuan harus berdaya jangan ada self empowerment atau hambatan sosial dan budaya sehingga akan jadi roll mode dunia (teladan, sabar, percaya diri, daya juang, pengorbanan)". Demikian disampaikan oleh Ibu Mien Uno, salah s...
Media Center Utama, Pelayanan Prima PB PON Bagi Jurnalis Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016 Jawa Barat tidak akan sukses tanpa dukungan semua pihak, termasuk media massa. Untuk itu PB PON melalui Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media b...
Ramadhan, Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Rohani Bareng Keluarga Bulan Ramadhan merupakan bulan kebersamaan dengan keluarga. Ada banyak momen yang bisa menjadikan anggota keluarga secara komplit bisa berkumpul. Melalui makan bersama saat berbuka dan sahur serta kegiatan lainnya, Bulan Rama...
Ini yang Sebenarnya Akan Anda Alami jika Main “Blue Whale Challenge” https://vk-smi.ru/ Ilustrasi Blue Whale Challenge Blue Whale Challenge dikaitkan dengan bunuh diri pada 130 remaja. Apa yang akan Anda alami jika memainkannya? Apakah Anda pasti akan bunuh diri? Koresponden Radio Free E...

Leave a Reply

Your email address will not be published.