Anak Anda Usia 3 Tahun? Sudah Saatnya Diajarkan Mandiri, Ajarkan Anak Usia 3 Tahun Mandiri dengan 6 Cara ini

Kemandirian perlu anda-ajarkan sedini mungkin pada anak anda. Meskipun demikian banyak orang tua yang melewati cara mengajarkan anak mandiri dikarenakan beberapa alasan, salah satunya kesibukan orang tua dengan pekerjaan diluar rumah atau ketergantungan antara anak dan orang tua hingga sulit untuk anda melepaskannya.

Perlu anda ketahui setiap usia anak anda memiliki pemahaman dan daya tangkap yang berbeda ketika melatih kemandirian. Anak Anda berusia 3 tahun? Sudah saatnya diajarkan mandiri.

Kemandirian perlu diajarkan untuk melepaskan ketergantungan anak pada orang tua sekaligus bekal dikemudian hari. Apa saja yang perlu diajarkan?

1. Berpakaian Sendiri

Sejak kecil orang tua terlatih mengenakan pakaian untuk anaknya. Tapi anak biasanya mau memakai pakaiannya sendiri pada usia 3 tahun.

“Anak usia 3 tahun seharusnya sudah bisa mengenakan pakaiannya sendiri seperti memasang celana atau memakai sepatu,” kata Mike Mosiman pengarang buku The Smarter Preschooler: Unlocking Your Child’s Intellectual Potential.

Ajarkan anak Anda berpakain sendiri dengan memilih pakaian yang mudah dikenakan terlebih dahulu. Anak mungkin sedikit mengalami kesulitan. Bantu dia dengan penuh kesabaran. Berpakaian adalah skill yang penting dan akan dibawa hingga si anak besar.

2. Makan Sendiri

Jika anak Anda bersikeras minta makan sendiri dan makannya berantakan, itu tandanya ia sudah siap. Kebanyakan anak usia 3 tahun sudah bisa makan dengan sendok atau garpu dan minum dari gelas biasa.

Jika anak Anda pemilih, taruh makanannya di satu wadah dan biarkan ia mengambil sendiri. Buatlah campuran makanan atara buah dan sayur dan ganti keju dengan jelly umtuk menambah selera makan. Anak-anak biasanya mau menyantap makanan yang ia buat sendiri.

Kemandirian perlu Anda ajarkan sedini mungkin pada anak Anda. Namun banyak orang tua yang melewatkan cara mengajarkan anak mandiri dikarenakan beberapa alasan, salah satunya kesibukan orang tua dengan pekerjaan di luar rumah atau ketergantungan antara anak dan orang tua hingga sulit untuk Anda melepaskannya.

3. Berteman

Anak usia 3 tahun biasanya sudah mau berteman. Tapi ia tetap membutuhkan bantuan orang tuanya.

Buatlah jadwal bermain dengan kelompok kecil di sekitar rumah. Anak usia 3 tahun biasanya ingin bermain dengan banyak orang ketimbang bermain dengan satu kelompok saja.

Jika banyak bergaul anak Anda secara tak langsung sedang membangun hubungan sosial. Bermain mengajarkan mereka nilai positif seperti empati dan berbagi.

“Anak usia 3 tahun biasanya tidak suka berbagi. Tapi mereka sudah bisa merasakan apa yang orang lain rasakan,” kata Susan S. Bartell, Ph.D., pakar psikologi orang tua parenting dan pengarang buku The Top 50 Questions Kids Ask. Jika punya mainan lebih minta anak Anda memberikan kepada temannya, Hal tersebut akan melatih rasa berbagi si kecil.

4. Belajar Bahasa

Anak usia 3 tahun banyak sekali bicara. Setidaknya si kecil sudah menguasai 300 kata dan sudah bisa bicara dalam satu kalimat.

Saat si anak duduk, diam-diam ia memperhatikan orang tuanya bicara kemudian direkam di otak. Sangat penting mengembangkan kemampuan bahasanya.

Cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan tersebut adalah dengan bicara. Deskripsikan apa yang Anda lakukan dan ceritakan rasa makanan yang ia makan. Dengan begitu si anak akan berlajar banyak kosakata baru.

5. Membersihkan Rumah

Anak-anak ternyata suka membantu pekerjaan rumah. “Anak usia 3 tahun bisa mengerti perintah sederhana seperi ‘taruh piring di tempat cucian’ atau ‘buang sampah pada tempatnya,” kata Mosiman.

Berikan si kecil tanggung jawab membuat makan malam dan membersihaknnya. Itu akan membuatnya merasa bagian dari keluarga. Tapi tetap perhatian cara anak Anda membersihkan. Jangan memerikan pekerjaan rumah yang terlalu rumit, itu membuatnya frustasi. Suruh si kecil menaruh pakaian kotornya di keranjang atau membererskan mainan usai bermain dengan temannya.

6. Mengatur Jadwal Tidur

Memasuki usia 3 tahun, kebiasaan tidur si anak berubah yang tadinya dua kali tidur menjadi satu kali tidur. Itu tidak masalah. Anak-anak masih membutuhkan tidur siang sampai usia 5 tahun.

Bersiaplah mengatur jadwal tidur anak anda yang baru. Daripada fokus memperhatikan jam, biarkan saja si kecil tidur sendiri saat ia kelelahan. Tapi jangan sampai jadwal tidurnya bertabrakan dengan jadwal mandi atau makan dan jangan sampai tidur terlalu malam.

Rujukan: http://sayangianak.com/anak-anda-usia-3-tahun-sudah-saatnya-diajarkan-mandiri-ajarkan-anak-usia-3-tahun-mandiri-dengan-6-cara-ini/

Artikel Terkait

Melek Literasi Upaya Hindari Kekerasan di Sekolah Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan bercita-cita sekolah-sekolah menjadi ramah anak dan berbasis bebas kekerasan serta anak-anak harus bisa Melek Literasi. "Sehingga anak-anak Jawa Barat tidak mengalami kejadian keker...
Selain Pidana, Pelaku Kejahatan Seksual Harus Diberi Sanksi Sosial ABC Ilustrasi KOMPAS.com - Pakar psikologi forensik, Reza Indragiri Amriel mengatakan, sudah sepantasnya pelaku tindak kejahatan seksual dijatuhi sanksi pidana dan sanksi sosial sekaligus. "Daripada menyuntik predator...
Menanti PON Termegah di Tanah Air Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX dan Peparnas XV 2016 tinggal dalam hitungan hari. Jawa Barat sebagai tuan rumah sudah siap menyambut pesta olah raga multicabang empat tahunan itu. Berbagai persiapan telah d...
Menteri Yohana Komitmen Perangi Kekerasan pada Anak Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise melakukan diskusi terbatas bersama Ratu Silvia dari Swedia, untuk membahas strategi memerangi kekerasan terhadap anak-anak. Indonesia dan Swedia merupakan b...
Jadi Korban Kekerasan Fisik, Kelak Anak Akan Jadi Pelaku Kekerasan Fisik? Jakarta, Anak mengalami kekerasan fisik sampai timbul trauma. Kelak ketika dewasa, apakah ia akan mengulangi apa yang ia alami, dalam artian melakukan kekerasan fisik pada orang lain? "Tidak selalu orang yang mengalami kek...

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.